Perhatikan 4 Hal Penting Berikut Ini Sebelum Membangun Rumah Idaman

Membangun Rumah Sendiri

Saat pertama kali kita hendak memiliki rumah, di hadapkan dengan dua pilihan, yakni apakah kita membeli sebuah rumah yang telah jadi, atau membeli tanah lalu membangun sendiri. Pilihan pertama mungkin memang banyak dipilih oleh kebanyakan orang, lantaran lebih cepat, dan tidak ribet, serta dapat langsung ditempati. Berbeda sekali ketika harus membangun rumah sendiri. Harus memperhatikan beberapa hal, dan memakan waktu, serta tentunya ribet. Namun walaupun dikatakan ribet, membangun rumah sendiri akan lebih puas lantaran akan sesuai dengan keinginan kita, seperti desain. Selain itu tentunya lebih hemat dalam mengeluarkan biaya untuk memiliki sebuah rumah idaman.

Membangun Rumah Sendiri

Keinginan dalam membangun rumah sendiri memang kerap kali dihadapkan dengan permasalahan dana. Tetapi memang tak dapat dipungkuri bahwa membangun sebuah hunian membutuhkan dana yang terbilang cukup besar. Namun hal tersebut bukan membuktikan bahwa hunian yang bagus harus selalu mahal. Nah, jika kamu berencana untuk membangun rumah sendiri, perhatikan 4 hal penting berikut ini.

Rencana Keuangan

Rencanakan Keuanganmu

Dalam membangun rumah dana yang dibutuhkan bukan dua-tiga ratus ribu, melainkan puluhan juta rupiah. Sehingga hal yang paling mendasar dalam membangun hunian sendiri adalah membuat rencana keuangan. Kamu harus benar-benar memperhitungkan secara matang. Jika tidak, tentu taruhannya rumah yang kita rencanakan tak akan selesai pembangunannya. Mungkin bagian depan selesai, tetapi kamar tak ada jendelanya, atau pagar yang tak terbeli. Maka dari itu, sebaiknya kamu menyiapkan dana dalam dua rencana keuangan. Ini untuk mengantisipasi harga bahan bangunan yang tak stabil. Dan rencana keuangan tersebut bersumber dari dana yang sudah pasti, misalnya perhitungan gaji yang menetap setiap bulannya. Jangan masukkan dana bonus ke dalam rencana keuangan, lantaran sifatnya yang tak menentu.

Denah Rumah

Buatlah Denah Rumah

Setelah memikirkan rencana keuangan secara matang, saatnya kamu menentukan denah yang seperti apa yang kamu inginkan. Denah ini berfungsi untuk menentukan berbagai komponen rumah, seperti dimana letak toilet, kamar tidur, ruang makan, ruang tamu, dan lain sebagainya. Jika kamu bingung dalam menentukan denah hunian, kamu dapat mencari referensi di internet yang banyak sekali menyajikan berbagai contoh denah rumah, mulai dari minimalis hingga mewah. Kamu juga dapat berkonsultasikan mengenai denah kepada sang ahli. Jangan lupa juga untuk memastikan luas lahan yang nanti akan digunakan untuk membangun rumah kamu.

Mencari Pekerja

Mencari Tenaga Ahli

Hal penting ketiga yakni kamu mencari tenaga pekerja yang tentunya profesional di bidangnya. Disini, kamu dituntut untuk teliti dalam mencari pekerja yang nantinya akan membangun rumah kamu. Jika kamu bingung, kamu dapat mencari referensi dari lingkungan sekitar kamu, seperti minta saran dari pihak keluarga, atau kerabat yang sebelumnya sudah pernah membangun rumah sendiri.

Material

Pilihlan Material Yang Berkualitas

Terakhir, yakni kamu harus mencari material bahan bangunan yang berkualitas dan sesuai dengan standar, serta tentu sesuai dengan rencana keuangan. Kalau kamu masih belum mengetahui secara dalam mengenai material, kamu dapat berkonsultasi dengan para ahli, atau kerabat. Cek harga pasaran juga sebelum membeli bahan bangunan, ini untuk memaksimalkan dana yang sesuai dengan rencana keuangan.